Thursday, December 2, 2010

Meski Statusnya Turun, Bahaya Sekunder Merapi Tetap Dahsyat

Would you like to find out what those-in-the-know have to say about mobil keluarga ideal terbaik indonesia? The information in the article below comes straight from well-informed experts with special knowledge about mobil keluarga ideal terbaik indonesia.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Surono meminta masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan meskipun status Gunung Merapi telah diturunkan dari level awas menjadi siaga.

"Warga jangan sampai lengah meskipun status Gunung Merapi telah diturunkan dari level awas menjadi siaga. Awan panas dan lahar dingin masih mengancam," kata Surono di Yogyakarta, Jumat (3/12). Penurunan status awas dilakukan pukul 09.00 WIB tadi. Dari pengamatan instrumental dan visual, aktivitas Gunung Merapi berkecenderungan menurun.

You can see that there's practical value in learning more about mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Can you think of ways to apply what's been covered so far?

Ia meminta kalangan masyarakat tetap mewaspadai ancaman awan panas dan banjir lahar dingin di beberapa sungai yang bermuara di hulu puncak Gunung Merapi. "Ancaman awan panas dan lahar dingin masih harus diwaspadai, apalagi saat ini musim hujan," katanya.

Sebelumnya Surono mengtakan bahaya sekunder pascaerupsi Gunung Merapi, yaitu banjir lahar dingin harus terus diwaspadai, terutama warga yang berada di dekat  bantaran sungai berhulu di gunung itu. "Karena itu, di sungai tersebut dipasang alat peringatan dini banjir lahar dingin yang mampu mendeteksi jika terjadi banjir," katanya.

Ia mengatakan sungai di Yogyakarta yang berhulu di Gunung Merapi adalah Boyong, Gendol, dan Kuning. Alat peringatan dini banjir mampu mengirimkan pesan singkat di telepon seluler (SMS) yang memberitahukan terjadi banjir. "Namun, pesan singkat tersebut hanya dikirim kepada pemangku kepentingan bencana Merapi di antaranya bupati dan wali kota," kata Surono.

Ia mengatakan bahaya sekunder tersebut tidak kalah dahsyatnya dengan erupsi Gunung Merapi karena saat ini ada sekitar 150 juta meter kubik material vulkanik yang memenuhi sungai-sungai yang berhulu di gunung itu. (Ant/DOR)

Hopefully the sections above have contributed to your understanding of mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Share your new understanding about mobil keluarga ideal terbaik indonesia with others. They'll thank you for it.

No comments:

Post a Comment